kad2

duit bux

>>> Jika Anda pengunjung muslim mohon baca Shalawat sejenak dengan khusyu', terimakasih... <<<

Sabtu, 21 Juni 2014

Amalan Amalan di Bulan Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan…
Selamat datang bulan Ramadhan,. Gak terasa nih Sobat, kita akan bertemu lagi nih dengan bulan Suci, Bulan Ramadhan, Bulan yg penuh dengan kemuliaan,.
Banyak banget loh kesempatan ‘hadiah’ dari Allah yang bisa kita dapet di Bulan ini,. Tentu dengan aneka amalan amalan yang dianjurkan di Bulan ini,.
Hnah dibawah ini nih ada sepuluh amalan utama Bulan ramadhan yg ane tulis ulang dari sebuah buletin.
Apa aja sih… sok baca deh dibawah ini.

1.       Puasa
Allah berfirman: ‘hai orang orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa ‘ (Qs. Albaqarah 183). Puasa merupakan salahsatu rukun Islam, yang Allah wajibkan pada bulan Ramadhan. Menahan diri dari amkan dan minum yang dimulai dari waktu fajar hingga terbenamnya matahari.

2.       Tilawah

Dianjurkan memperbanyak tilawah (membaca AlQur’an) pada bulan ini melebihi hari hari biasa. Karena Rosulullah SAW melakukan hal ini sebagaimana tersebut dalam hadist bahwa Jibril mendengarkan bacaan AlQur’an Nabi Muhammad SAW secara sempurna pada bulan ini melebihi bulan bulan yang lainnya.

3.       Tarawih
Tarawih adalah sholat malam yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Rosulullah SAW bersabda: ‘barang siapa yang sholat malam pada bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharp pahala maka diampuni dosa dosanya yang telah berlalu’ (HR. Bukhori) beliau bersabda lagi: ‘barang siapa yang sholat malam bersama imam hingga selesai maka dicatat baginya sholat semalam penuh’ (HR. Abu Daud)

4.       Shodaqoh
Sedekah akan Allah lipat gandakan menjadi 700 kali. Pada bulan Ramadhan Allah akan melipat gandakan dengan jumlah yang lebih besar lagi dibanding diluar ramdhan. Rosulullah SAW sangat dermawn dibulan Ramadhan. Beliau lebih dermawan terhadap hartanya daripada angin yang berhembus. Beliau bersabda: ‘jauhkan dirimu dari api neraka walau hanya dengan (shodaqoh) sebutir kurma.’ (Muttafaq alaih)

5.       Ifthor Shoim
Sangat besar pahala orang yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa  (ifthor Shoim). Rosulullah SAW bersabda: ‘barang siapa memberi buka puasa pada orang yang berpuasa maka baginya semisal pahala mereka tanpa mengurangi sedikitpun dari pahala mereka. ‘ (HR Tirmidzi). Ini merupakan salah satu anjuran Rosulullah SAW untuk berinfaq.

6.       I’tikaf
I’ tikaf atau berdiam diri dimasjid dengan vtujuan beribadah merupakan ibadah utama bulan Ramadhan. Rosulullah SAW selalu I’tikaf pada 0 akhir bulan Ramadhan dan tidak pernah meninggalkannya. Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa beliau I’tikaf pada 10 akhir Ramadhan hingga beliau wafat (HR. Bukhari)


7.       Umrah
Ibadah Umrah jika dilakukan pada bulan ini mempunyai nilai dan pahala yang lebih bila dibandingkan dengan bulan yang lain. Dalam sebuah hadist Rosulullah bersabda: ‘umrah dibulan Ramadhan sebanding dengan haji atau Haji bersamaku ‘ (HR. Bukhari dan Muslim)

8.       Zakat Fitrah
Zakat Fitrah diwajibkan atas setiap muslim baik lelaki atau perempuan. Dikeluarkan sebelum sholat Idul Fitri sebanyak 1 Sha. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat, bahwa Rosulullah SAW telah mewajibkan zakat Fitrah pada bulan Ramdhan satu Sha’ dari syaiir. Atas seseorang hamba , seorang merdeka, laki laki, wanita, anak kecil, dan orang dewasa dari kaum muslimin. (HR. AlBukhari dan muslim).

9.       Jihad
Tidak sedikit Jihad yang dilakukan oleh Rosulullah SAW. Dan para sahabatnya dalam memerangi kekufuran dan kemusrikan terjadi di bulan Ramadhan. Diantaranya adalah perang badarkubro dan fathkul makkah. Dua peperangan itulah yang menentukan keadaan kaum muslimin saat itu. Dan merupakan sejarah penting dalam kehidupan Rosulullah SAW.

1.   Mencari Lailatul Qadar
Lailatul Qadar adlah salah satu malam yang khusus terjadi di bulan Ramdhan. Malam ini dikatakn dalam Alqur’an lebih baik dari seribu bulan Rosulullah SAW bersabda: ‘carilah malam Lailatul qadar di (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.’ (HR. Bukhari)

 ya Allah pertemukanlah aku dengan Bulan Rahmatmu ini Ya Allah,..
semoga kita semua bisa melakukan semua amalan utama di bulan Ramadhan ini ..
aamiin..... Aamiin.... Ya Robbal alamiin...
 
hnaah... kalo amalan yang dibawah ini nih,. yg bisa nambah sangu kita buat aktifitas lebarannya nih,.
buruan deh klik link link dibawah ini nih trus daftar deh lalu ikutin dah petunjuk gampang yg ada..
klik Aja Deh  Hit Id , ecite Point   ,
saya sudahmembuktikan its real looh....
terimakasih ya sudah berkoment ria..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar