kad2

duit bux

>>> Jika Anda pengunjung muslim mohon baca Shalawat sejenak dengan khusyu', terimakasih... <<<

Minggu, 14 Juli 2013

cara merawat batik

batik tulis asli tentu harga nya cukup mahal. maka dari itu, jangan sampai koleksi batik tulis anda rusak akibat langkah membersihkan yang salah. beberapa orang yang serba salah waktu mesti membersihkan batik. akan dicuci takut rusak, bila tidak dicuci lantas kotor, ungkap iwet ramadhan, waktu peluncuran buku cerita batik di kuningan city, jakarta, jumat ( 31/5/2013 ) lantas.
sebagai penggemar batik, iwet mengungkap bahwa kain batik terutama batik catat mesti dirawat dengan langkah spesial. diantaranya dengan mencucinya memakai buah lerak, serta menyimpannya di lemari yang kering.
janganlah lupa selipkan akar wangi dalam lemari untuk menghindari rayap serta binatang lain yang dapat mengakibatkan kerusakan kain. akar wangi ini akan bikin kain batik lantas lebih wangi, jelasnya.

bagaimana sih cara merawat batik yang tepat?

1. pisahkan batik dari type pakaian yang lain. hal ini untuk menghindari kain serta pakaian lain supaya tidak kelunturan oleh batik. campuran malam serta pewarna dari batik catat ini amat gampang luntur.
2. bersihkan batik gunakan buah lerak atau deterjen spesial pencuci batik. baiknya janganlah menggunakan deterjen pakaian biasa, dikarenakan dapat bikin batik rusak serta sedikit memudar warnanya. untuk hasil optimal, baiknya bersihkan dengan air hangat.
3. saat mencucinya, janganlah menggunakan mesin cuci. dapat tambah baik bila anda mencucinya gunakan tangan.
4. sesudah merendam batik sebentar, kucek perlahan supaya kotoran terangkat seluruh. ingat, janganlah sesekali menyikat batik, dikarenakan dapat mengakibatkan kerusakan kain, warna, serta motif batik. sikatan yang terlampau keras dapat punya potensi merobek kain.
5. waktu dapat menjemur, janganlah memeras batik, dikarenakan dapat bikin kain lantas kusut.
6. gantung dengan gantungan yang tidak tipis supaya tidak meninggalkan bekas lipatan di kain sesudah kering. anda dapat juga menjemurnya di sebilah bambu yang diameternya besar. tak hanya supaya tidak meninggalkan bekas liputan, penjemuran menggunakan jemuran berdiameter besar ini supaya antar helaian tidak melekat serta luntur, tuturnya.
7. baiknya janganlah menjemurnya segera dibawah terik matahari. sebaliknya, angin-anginkan saja kain ini dibawah area teduh.
8. sesudah kering, setrika gunakan panas yang rendah. alasi gunakan kain yang tidak tebal, supaya setrika tidak segera melekat pada kain batik.


        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar